HTML,CSS,Scripting

Posted on Updated on

Resume kuliah Pemrograman Web – Pertemuan 1

Resume : 1
Mata Kuliah : Pemrograman Web
*** HTML (Hyper Text Markup Languange) ***
HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut SHML,HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan web dan HTML kini merupakan standar internet yang saat ini dikendalikan World Wide Web Consortium(W3C).
Sejarah:
  • Pada tahun 1989,Caillau Tim bekerja sama dengan Barners Lee Robert,ketika mereka bekerja di CERN,sebuah lembaga penelitian fisika,energi tinggi di Jenewa,mencoba mengembangkan SGML.Dari merekalah lahir HTML atau Hyper Text Markup Language, yang digunakan untuk membuat halaman werbsite.HTML dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.
  • Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat.Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force).HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML + (1993).
  • HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya.sebuah usaha dari World Wide Web Consortium (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997.
  • HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkn tanggal 18 Desember 1997.

*** CSS (Cascading Style Sheet ) ***

Menurut Wikipedia,Cascading Style Sheet (CSS) adalah:
     “Bahasa pemrograman untuk mengatur tampilan suatu website atau blog”
Tampilan yang dimaksud disini adalah jenis,ukuran dan warna font,jarak antara baris dan panjangnya,margin dan indentasi,background dan warna,serta masih banyak lagi.CSS merupakan fitur yang sangat penting dalam pembuatan Dynamic HTML.Meskipun bukan merupakan keharusan dalam membuat web,namun penggunaan CSS merupakan kelebihan tersendiri.
Sejarah:
  • Pada tanggal 17 Desember 1996,World Wide Web Consortium (W3C) menjadikan CSS sebagai bahasa pemrograman standart dalam pembuatan dokumen web.Tujuannya adalah mengurangi pembuatan TAG-TAG baru oleh Netscape dan Internet Explorer (IE),karena pada masa itu kedua browser saling bersaing mengembangkan TAG sendiri untuk mengatur tampilan web.
  •  Tahun 1998,W3C menyempurnakan CSS awal dengan menciptakan standard CSS2 (CSS level 2) yang menjadi standard hingga saat ini.Pada CSS level 2 ini,di masukkan semua attribut dari CSS1,serta diperluas dengan penekanan pada International Accesibiloty and Capability khususnya media specific CSS.
  • Bahkan pada perkembangannya,saat ini sudah muncul CSS3.Pekerjaan dari CSS3 dimulai pada tahun 2000,tidak lama setelah CSS2 di implementasikan.CSS3 ini samapai sekarang masih terus dikembangkan,spesifikasinya dibagi pada beberapa topik atau modul.
*** SCRIPTING ***
Scripting adalah sebuah fasilitas untuk aplikasi-aplikasi yang dijalankan di atas teknologi web,yang pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser.Bahasa scripting sudah terpasang pada HTML. Beberapa jenis scripting:

  • Java Script
  • PHP
  • ASP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s